Perkembangan Teknologi dan Kenakalan Remaja

     Teknologi yang berkembang sangat pesat membawa beberapa dampak sosial kemasyarakatan. Perkembangan teknologi yang telah masuk ke seluruh pelosok negeri membawa dampak positif maupun dampak negatif. Banyak dampak positif dari perkembangan teknologi tersebut antaralain mudahnya akses informasi, semakin terfasilitasinya komunikasi yang lebig mudah dan efektif, tersedia lapangan kerja yang luas, maupun hiburan- hiburan yang ada dari fitur-fitur yang ada.
Pengenalan teknologi kepada anak-anak maupun remaja juga sangat baik karena mereka bisa belajar dan melatih diri untuk terbiasa dengan teknologi yang memudahkan kehidupan. Anak anak pun menjadi lebih kreatif dan lebih terlatih memecahkan pola yang ada dalam games dalam fitur-fitur handphone atau komputer. Namun seperti pisau bermata dua teknologi juga membawa dampak negatif yang sangat serius. Dampak negatif bagi remaja antaralain adalah merubah mental mejadi apatis, emosional, menurrunkan indeks prestasi, masalah kriminalitas dan banyak lagi.
     Banyak kasus kriminalitas dan penyimpangan sosial bersamaan dengan berkembangnya teknologi informasi. Mulai dari contoh kasus kriminal berupa pencurian karena ketagihan bermain game online, penculikan berkedok facebook. Subyek dari pencurian ini umumnya adalah remaja laki-laki yang masih duduk di meja SMP maupun SMA. Sedangkan kasus kriminalitas mempunyai obyek utama remaja putri yang aktif dalam sosial media. Melalui sosial media tersebut pelaku melakukan pendekatan terhadap korban dan paling sering adalah modus berpacaran online dan akhirnya diajak bertemu dan disitulah pelaku melancarkan aksinya. Sedangkan dampak negatif dari segi perilaku sosial antaralain adalah gangguan mental seperti ketagihan, emosional, meninggalkan budaya-budaya lokal dan penurunan indeks prestasi.
     Faktor utama yang menyebabkan beberapa dampak diatas antalain faktor keluarga, lingkungan dan sifat dasar remja yang masih labil. Faktor keluarga menjadi kunci untuk menghindari dampak negatif teknlogi bagi remaja. orang tua harus mencurahkan kasih sayang, perhatian dan waktunya bagi anak ananya.Dengan terpenuhinya kasih sayang anak akan lebih dekat dengan orang tua sehingga pengontrolan lebih mudah. Orang tua juga harus memerhatikan pergaulan maupun sikap anak. Orang tua yang mampu mengontrol pergaulan anaknya akan menjadikan lingkungan anak tersebut menjadi baik dan pengaruh buruk pun dapat dikurangi. Orang tua pun harus meluangkan waktu untuk mengurus anaknya maupun untuk saling berkomunikasi dan bercerita. para orang tua juga harus memelihara budaya masa lalu dengan meluangkan waktu untuk bermain bersama maupun mengenalkan kebudayaan yang ada. Dengan memerhatikan faktor-faktor yang ada dampak negatif teknolgoi informasi bagi remaja pun dapat dikurangi.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar